Breaking News

Profile

Perpustakaan FIB merupakan salah satu sarana pendukung  kegiatan akademik di FIB dan lebih luas lagi UGM. Sebagai bagian dari unsur sarana pendidikan  tinggi maka perpustakaan juga memiliki kewajiban untuk  menjalankan tiga misi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sebagai unit pendukung kegiatan akademik di FIB, UPT Perpustakaan FIB memiliki peranan dan tanggung jawab untuk menyediakan dan senantiasa meningkatkan kualitas penyediaan berbagai ragam informasi/pustaka terutama yang berhubungan dengan kegiatan akademik sivitas akademika FIB dan pustaka yang bersifat memperkaya khazanah pengetahuan secara umum, di samping penyediaan berbagai fasilitas layanan informasi yang berfungsi meningkatkan kualitas dan kuantitas akses terhadap informasi, baik akses yang bersifat internal maupun eksternal.

Selain memiliki peran dan tanggung jawab  kepada sivitas akademika FIB, Perpustakaan sebagai suatu institusi juga memiliki tanggungjawab untuk membina hubungan baik dengan berbagai pihak, termasuk mitra kerja FIB dan masyarakat luas. Sehingga ragam pustaka serta layanan Perpustakaan FIB selain ditujukan secara khusus bagi sivitas akademika FIB juga diupayakan untuk dapat dimanfaatkan masyarakat luas yang memerlukannya.

Dan untuk semakin meningkatkan optimalisasi pemanfaatan koleksi perpustakaan, pengguna dibekali kemampuan oleh para pustakawan secara tersistem dan terprogram.

Perpustakaan menempati salah dua lantai  ruangan di salah satu gedung di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya UGM yang bernama gedung Prijana atau lebih dikenal dengan gedung B. Lantai pertama digunakan untuk melaksanakan pelayanan peminjaman dan pengembalian, layanan administrasi dan untuk meletakkan koleksi buku teks dan jurnal tercetak. Sedangkan untuk lantai dua digunakan untuk menyimpan koleksi buku referensi, bendel majalah dan karya akhir mahasiswa (skrpsi, tesis, disertasi). Dan di lantai dua juga digunakan untuk kegiatan pengolahan bahan pustaka sebelum menjadi koleksi yang bisa dilayankan.

ORGANISASI

Perpustakaan FIB UGM merupakan lembaga yang berada di bawah manajemen Fakultas Ilmu Budaya UGM. Perpustakaan memiliki personil sebanyak 8 orang yang bekerja di bagian Layanan Sirkulasi dan Administrasi, bagian Koleksi Referensi, Berkala dan Karya Akhir serta di bagian pengolahan.

KOLEKSI  DAN FASILITAS

Perpustakaan FIB memiliki koleksi sebanyak lebih dari 27 ribu judul buku teks dan referensi dalam berbagai bahasa dan aksara.  Terdapat pula koleksi berkala yang berupa jurnal ilmiah, majalah bulanan maupun lepas dalam bentuk cetak. Untuk karya akhir mahasiswa dan laporan penelitian dosen terdapat dalam bentuk cetak dan sebagian dalam bentuk digital. Fasilitas yang disediakan di perpustakaan adalah ruang baca yang cukup memadai bagi pengguna serta terdapat 35 unit desktop komputer terkoneksi internet.  Mahasiswa dapat menggunakan internet secara gratis dan mandiri. Penelusuran koleksi buku dan karya akhir dapat menggunakan jaringan OPAC  ( Online Public Access Catalog) terintegrasi seluruh UGM. Dan untuk pelayanan peminjaman koleksi buku teks sudah dilakukan secara semi otomasi dengan menggunakan kartu Mahasiswa sebagai identitas pengguna layanan. Dan secara keseluruhan ruangan di perpustakaan diupayaka untuk dapat memberi kenyamanan kepada seluruh pengguna.